Minggu, 18 November 2012

Mengatasi Masalah Ketombe (Pityriasis Capitis)

Apa itu ketombe?

      Ketombe (Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati secara berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun demikian, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan shampoo khusus atau pengobatan bebas. Penyebab Ketombe



Penyebab kulit kepala berketombe :
      Sejalan dengan bertumbuhnya kulit, sel-sel epidermal akan terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun demikian, kondisi tertentu menyebabkan pergantian/pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususya umum terjadi di kulit kepala. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.

Ini adalah Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya ketombe :

1. Dermatitis Seboroik.
     Dermatitis seboroik adalah infeksi pada kulit manusia yang disebabkan oleh  jamur yang tumbuh pada kulit kepala. Hal ini menyebabkan kulit bersisik dan mengelupas karena produksi minyak atau lemak yang berlebih pada kulit tersebut.

2. Psoriasis.
     Psoriasis juga merupakan salah satu penyebab munculnya ketombe. Psoriasis adalah penyakit kulit yang ditandai kulit bersisik berwarna kemerahan disertai rasa gatal atau perih yang menyebabkan terjadinya pengelupasan kulit luar.

3.Kulit kering.
     Kulit yang kering dan tidak mendapat nutrisi yang cukup akan sangat mempengaruhi terjadinya ketombe. Kulit kering biasanya terjadi karena terlalu sering menggunakan pengering rambut (hair dryer) dan penggunaan kondisioner yang tidak cocok bagi kulit kepala anda.


4. Tingkat stress.
    Ya, tingkat stress yang tinggi akan berpengaruh dengan produksi hormon androgen yang bisa menyebabkan timbulnya kelenjar minyak yang akan mengakibatkan kulit kepala akan cepat mengelupas. Jadi Usahakan untuk bisa mengatur hidup anda, gunakan waktu istirahat yang cukup, sesekali cari hiburan yang bisa mengurangi tingkat stress yang terjadi.

5.Makanan.
    Selain beberapa faktor diatas makanan juga menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah ketombe. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang digoreng, panas, ataupun pedas akan menjadi pemicu timbulnya ketombe. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kulit seperti Nanas.

Tips Menghilangkan Masalah ketombe :

1. Lidah Buaya.
  
     Langkah : Kupas daun lidah buaya ambil bagian dagingnya saja yg berwarna transparan. Setelah itu di oleskan pada kulit kepala sampai merata. Biarkan kurang lebih selama 10 menit lalu bilas atau bersihkan menggunakan shampo.

2. Minyak Zaitun
     Langkah : Campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak almond. Kemudian oleskan pada kulit kepala secara rata sambil dipijat-pijat ringan. Biarkan kurang lebih selama 15 menit, kemudian bilas dengan air agar minyak bisa hilang dan menjadi bersih.

3. Cuka
     Langkah : Campurkan cuka dengan air dalam jumlah yang sama, gunakan secukupnya sesuaikan dengan panjang rambut anda. Lakukan langkah ini ketika anda akan tidur dan diamkan selama semalam. Keesokkan harinya bilas atau cuci rambut dengan shampo bayi yang memiliki formula ringan.

4. Jeruk nipis dan jus lemon
     Langkah : Usapkan dua sendok makan air jeruk nipis di kulit kepala anda. Pijat rambut dan kulit kepala secara perlahan. Kemudian ambil satu gelas air tambahkan satu sendok makan jus lemon ke dalamnya, kemudian usap lagi ke rambut Anda. Cucilah dengan air setelah beberapa menit. Langkah ini dapat diulangi beberapa kali untuk hasil yang maksimal atau sampai ketombe anda benar-benar hilang. Langkah ini juga membuat rambut anda menjadi harum.

     Beberapa penyebab timbulnya ketombe sebenarnya dapat dihindari seperti faktor makanan dan tingkat stress. Pola makan yang sehat dan cukup istirahat sedikit banyak akan membantu anda terhindar dari masalah ketombe tersebut.

Semua berawal dari diri sendiri dan akan mendatangkan manfaat untuk diri kita sendiri juga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India